Senin, 13 Juni 2022

Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 "Nilai dan Peran Guru Penggerak"



Pada bagian Demonstrasi Kontekstual, Calon Guru Penggerak (CGP) diajak untuk membayangkan 6 bulan ke depan, ketika Proses Pendidikan Guru Penggerak telah usai. CGP diminta membuat visi dan misi ke depan. Maka timbullah pertanyaan berikut dalam diri saya, 

Guru Penggerak seperti apakah saya?

Nilai-nilai apa yang saya kuasai di masa depan?

Mengapa nilai-nilai tersebut penting untuk saya?

Lalu untuk menjawab pertanyaan di atas, maka jawaban saya adalah setelah mengikuti Pendidikan Guru Penggerak,



a. Saya akan menjadi guru pengerak yang mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistik yaitu dengan berlandaskan  Profil Pelajar Pancasila. 

Guru Penggerak tidak terpaku dengan kurikulum yang ditentukan. Mereka juga melihat standar pencapaian Profil Pelajar Pancasila dan mencocokkan dengan metode pengajarannya

b. Saya akan mengajar dengan kreatif dan inovasi. 

Guru yang baik mampu menemukan metode yang tepat dalam penyampaian materi belajar,Melalui pembelajaran  dengan metode yang bermacam-macam sehingga tidak menimbulkan kebosanan siswa.

c. Saya akan menjadi teladan dan agen transformasi bagi ekosistem pendidikan. 

Guru Penggerak diharapkan menjadi teladan dan agen perubahan di dalam ekosistem pendidikan. Mereka harus mempunyai dampak lain selain perubahan positif di kelasnya sendiri. Guru Penggerak harus memberikan dampak kepada guru-guru lain serta dampak kepada sekolahnya. 



Nilai-nilai yang saya kuasai di masa depan adalah: Mandiri: Dapat berdiri sendiri atau tidak bergantung kepada orang lain; Reflektif: Membuka diri, evaluasi (evaluasi terhadap pembelajaran dan evaluasi bersama supervisor), pertimbangan aktif, cermat, menghubungkan, menyimpulkan, dan perbaikan; Kolaboratif: Melakukan kerja sama, komunikasi, dan ketergantungan positif; Inovatif: Memiliki ide-ide atau gagasan baru yang original; dan Berpihak pada Murid: Melihat potensi, minat, bakat, dan kebutuhan murid, guru sebagai fasiltator.






Nilai-nilai tersebut  penting untuk saya, karena berbicara tentang nilai dan peran guru penggerak tidak lepas dari sebuah capaian  harus mampu menerapkan prinsip- prinsip pengembangan dalam menggerakan sebuah perubahan diantaranya mampu merumuskan nilai-nilai diri yang selaras dengan upaya penumbuhan murid merdeka belajar akan tercapai, mampu menerapkan nilai-nilai Guru pengerak dalam menjalankan kegiatan pembelajaran, juga harus mampu membuat perubahan diri yang akan mendukung penguatan nilai dan peran guru. Sehingga nilai-nilai ini tidak dapat dipisahkan dan mampu menerapkan kelima nilai tersebut untuk menguatkan  peran guru pengerak  sebagai agen trasformasi pendidikan yaitu sebagai pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi Coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, dan mewujudkan kepemimpinan murid. 



Semoga bermanfaat dan berikan saran serta komentar yang membangun untuk saya sebagai penulis. 

Salam Guru Penggerak 

Tergerak, bergerak, dan menggerakkan. 

Dan salam B2M2

0 komentar:

Posting Komentar

REFLEKSI PEMBELAJARAN TERHADAP ANAK ISTIMEWA

Senin, 5 September 2022  Refleksi Pembelajaran Matematika di SMAS Islam Al-Hikmah Bululawang oleh Mukhsinatul Badriyah, S.Si.  Sekolah saya ...